Selamat Datang di Portal Sekolah

Permendikbud 53 Tahun 2015 untuk penilaian Kurikulum 2006 (KTSP) dan K-2013


Dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013, guru dituntut untuk dapat merencanakan dan melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar siswa secara komprehensif, meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, serta mengolah dan membuat laporan hasil belajar siswa secara objektif, akuntabel, dan informatif.
Kendati demikian, dalam praktiknya tidak sedikit guru yang mengalami kesulitan dan permasalahan dalam menerapkan penilaian yang diisyaratkan dalam Kurikulum 2013 tersebut. Beberapa pertanyaan teknis yang kerapkali muncul di kalangan guru, antara lain:
·         Bagaimana mengembangkan teknik penilaian sikap untuk mengukur Kompetensi Sikap Spiritual (KI-1) dan Sikap Sosial (KI-2)?
·         Bagaimana menerapkan teknik penilaian portofolio atau projek untuk menilai kompetensi pengetahuan (KI-3) dan kompetensi keterampilan (K-4)?
·         Bagaimana membuat Laporan Hasil Belajar Siswa?
Tentu masih banyak lagi persoalan-persoalan teknis penilaian lainnya yang menghinggapi pemikiran guru. Berbagai kesulitan guru dalam mengembangkan penilaian siswa tersebut tampaknya disadari sepenuhnya oleh Kemendikbud. Oleh karena itu, guna membantu guru dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar siswa, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah melalui Direktorat terkait, bersama Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk), telah menerbitkan buku Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Atas (SMA); Panduan Penilaian untuk Seko:lah Menengah Kejuruan (SMK); Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP); dan Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD). Buku Panduan Penilaian ini diharapkan dapat memfasilitasi guru dan sekolah dalam mengembangkan penilaian proses hasil belajar siswa yang sejalan dengan tuntutan Kurikulum 2013.
Dalam Buku Panduan ini disajikan tentang konsep, teknik dan prosedur penilaian, baik untuk penilaian sikap, penilaian pengetahuan maupun penilaian keterampilan, disertai dengan beberapa contoh format penilaiannya. Di samping itu, dijelaskan pula tentang teknis pelaksanaan penilaian, pengolahan hasil penilaian dan pemanfaatan hasil penilaian, termasuk di dalamnya disajikan contoh Format Rapor dan Cara Pengisiannya.
Jika Anda ingin men-download Buku Panduan Penilaian (versi Draft Final) yang saya peroleh dari berbagai sumber, silahkan klik tautan di bawah ini:

 Sumber : https://akhmadsudrajat.wordpress.com/2015/12/17/buku-panduan-penilaian-untuk-sma/


Share this post :

Posting Komentar

GALLARY PHOTO

.

JEJAK PENDAPAT

Bagaimana pendapat anda tentang blog ini ?
 
pollcode.com free polls

PAPAN PENGUMUMAN

Diberitahukan Kepada siswa/siswi Program Keahlian Akuntansi kelas 12 bahwa dalam rangka menyusun daftar Calon Peserta Ujian Nasional (8355) maka segara mengumpulkan berkas sebagai berikut :
1. Pas photo 3x4 cm 15 lembar
2. Copy dan Leg. SKHU 3 lembar
3. Copy dan Leg. Izajah SMP 3 lembar
Paling lambat berkas dikumpulkan tanggal 15 Oktober 2015.

Entri Populer

 
Support : Sugiyanto, M.Pd | Direktorat SMK | Direktorat SMA
Copyright © 2015. SMK NEGERI 4 MERANGIN - All Rights Reserved
Template by Smkn 4 Merangin Modified by Sugiyanto, M.Pd.
Proudly powered by Blogger